entry image

Kolaborasi Dinas Pendidikan Batu Bara dan Tanoto Foundation untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Proyek Fasda Perubahan

DISDIK BB || Upaya peningkatan mutu pendidikan terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan Batu Bara. Salah satu upaya tersebut adalah kolaborasi dengan Tanoto Foundation, yang konsisten melakukan pendampingan di daerah ini. Salah satu wujud kemitraan tersebut adalah dengan adanya proyek Fasda Perubahan yang akan diimplementasikan oleh fasilitator guru dan kepala sekolah yang selama ini menjadi champion dalam kegiatan peningkatan mutu pendidikan.

Pada hari Kamis, 30 Mei 2024, bertempat di Buffet Mangga Batu Bara, dilakukan pertemuan koordinasi untuk mensinkronkan proyek yang digagas Fasilitator Daerah Tanoto Foundation dengan program prioritas yang direncanakan oleh Dinas Pendidikan Batu Bara. Program ini merupakan bentuk kerja sama dalam usaha peningkatan rapor Pendidikan khususnya peningkatan literasi dan numerasi di Kabupaten Batu Bara.

Dalam sambutannya, Bapak Yandi, selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Batu Bara, menegaskan dukungannya terhadap program yang dijalankan oleh Tanoto Foundation. "Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dijalankan dalam proyek Fasda Perubahan ini karena dapat mendorong pemerataan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang ada di Batu Bara. Dinas Pendidikan akan melakukan intervensi dengan monitoring pada sekolah-sekolah dampingan terpilih dalam proyek untuk memastikan kegiatan berjalan sesuai dengan rancangan yang ditetapkan. Dinas Pendidikan juga akan melanjutkan ke satuan pendidikan lainnya yang tidak diintervensi oleh Tanoto Foundation," lanjut Yandi.

 

Tanoto Foundation, yang diwakili oleh Felly Ardan dari Project Management Unit, menyampaikan bahwa Tanoto Foundation terus berupaya memberikan kontribusi sebagai mitra pemerintah dalam mendorong perubahan ke arah peningkatan mutu pendidikan yang lebih berkualitas. Dalam pertemuan ini, pihak Tanoto Foundation juga dihadiri oleh Mesri Gultom, selaku Project Management Unit, yang menjelaskan tentang konsep proyek Fasda Perubahan yang dijalankan oleh tim proyek yang akan menyasar peningkatan kemampuan guru dalam literasi dan numerasi, serta Muliana Sitorus, selaku Education System Assistance, yang memaparkan analisis capaian literasi dan numerasi dalam rapor pendidikan kabupaten yang dijadikan basis data dalam merancang proyek Fasda Perubahan.

 

Dari Dinas Pendidikan Batu Bara, hadir Ardat selaku Kepala Bidang Pembinaan SD dan Susilawati selaku Kasi Kurikulum PTK PAUD, serta fasilitator daerah Tanoto Foundation Kabupaten Batu Bara.