entry image

KADIS PENDIDIKAN BATUBARA MEWAKILI BUPATI MENGHADIRI KEGIATAN BATUBARA BERTANJAK

DINAS PENDIDIKAN | Bupati Batu Bara yang di wakili Kadis Pendidikan Hadiri Acara Batu Bara Bertanjak, Kegiatan ini dilaksanakan di istana niat lima laras,Kecamatan Nibung Hangus.Kamis (16/09/2021)

Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Ilyas Sitorus ,Kapolres Batu Bara ,Anggota DPRD Citra Muliadi Bangun,Camat Nibung Hangus,Ketua knpi tanjung tiram, Knpi nibung hangus.

“Dalam sambutan nya Bupati Batu Bara yang diwakili kepala dinas pendidikan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kabupaten Batu Bara yang telah membuat acara Batu Bara Bertanjak”,kata Ilyas

“Karna ini digagas oleh anak-anak muda melayu, kedepan Pemkab Batubara dalam kegiatan 16 September Melayu Bertanjak, dapat lebih meriah seperti di awali dengan pameran, perlombaan, menjual pakaian adat melayu seperti tengkuluk dan menghidupkan UMKM masyarakat,” janji Ilyas usai mengikuti Batubara Bertanjak dihalaman Istana Niat Lima Laras. Kamis, (16/09/2021).

Ilyas juga mengatakan, kegiatan ini harus terus di kenal dari generasi hingga ke generasi.

Menaungi sekolah, Pemkab Batubara melalui Dinas Pendidikan akan memasukkan nuansa melalyu pesisir pantai ini dalam kurikulum sekolah agar Melayu terus dikenal, baik itu kalangan anak-anak, pemuda, hingga generasi seterusnya.

“Nanti akan kita coba masukkan kurikulum ke sekolah-sekolah, agar anak-anak kita lebih mengenal budaya melayu, sejarah melayu, lagu-lagu melayu, dan pakaian adat melayu. Mengangkat budaya melayu khusus nya di Batubara yang sempat redup, dan insyaallah semuanya akan kita mulai dari sekolah,” kata Ilyas.

“Kegiatan kita laksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan semoga wabah virus covid-19 cepat berakhir di negara kita ini”,tutup ilyas

Harus diketahui Batubara Bertanjak merupakan agenda tahunan yang di peringati setiap tanggal 16 September mengikuti Hari Tanah Melayu Bertanjak Semenanjung Tanah Melayu diseluruh Dunia dengan slogan ‘Tetap Berdiri Walau Hanya Tinggal Aku Sendiri’.

Sedangkan di Kabupaten Batubara telah dilaksanakan untuk yang ke-2 kalinya oleh kalangan Pemuda yang peduli adat istiadat.

Dalam memperingati hari bertanjak ini, hadirin yang datang mengenakan pakaian baju kurung bagi perempuan dan teluk belanga memakai tanjak/tengkuluk hiasan di kepala disertai selempang kain songket bagi laki-laki.